"Prestasi itu adalah nilai lebih yang dimiliki seseorang karena dia tidak diundang dan tidak dibuat tetapi diusahakan dan disemangati. Dia harus dipupuk sedari awal dan butuh keringat yang tidak sedikit, serta dukungan yang tulus dari hati orang-orang yang tercinta terutama orang tua kita^^"

Mengenai Saya

Foto saya
Untuk mendapatkan yang lebih baik, kita perlu berkorban. Kadang perasaan, kadang waktu bersenang-senang dengan teman-teman, dan kadang menyendiri.

Lihat! Kamu pengunjung ke berapa^^9

Minggu, 09 Januari 2011

Nanas Penggugur Kandungan??


Nanas penyebab keguguran wanita hamil. Demikian mitos yang tertanam kuat di benak masyarakat. Khususnya bagi mereka yang memiliki keluarga dan sedang dalam keadaan hamil. Baik itu istri, anak maupun saudara perempuannya.
Mitos dan Ilmiah
Pastilah begitu banyak pesan dan larangan terkait konsumsi buah nanas. Padahal secara ilmiah belum ada penelitian yang mampu membuktikan kebenaran mitos tersebut. Hanya saja, memang ada kandungan dalam nanas, khususnya nanas muda yang bisa berpotensi memunculkan kontraksi pada kandungan ibu hamil. Nanas muda memunculkan sifat antelmintik dan abortivum. Inilah yang dihindari oleh para ibu hamil.
Adanya kontraksi ketika kandungan masih lemah, memang bisa menyebabkan keguguran. Namun ini bukan berarti sekedar diakibatkan oleh sang ibu. memakan nanas muda saja. Sehingga sebelum memutuskan penyebab keguguran seorang ibu hamil, harus dicermati dulu secara teliti apa yang menjadi pemicunya.
Mitos nanas penyebab keguguran juga diawali adanya kemungkinan air dalam buah nanas bisa memicu penyakit keputihan pada perempuan. Sehingga dari informasi awal ini, kemudian sering dihubung-hubungkan pada informasi lain yang terkadang tidak didasari penelitian ilmiah.

Kandungan dalam Nanas
Pada dasarnya, nanas bukanlah sebuah buah yang layak untuk ditakuti. Sebab di dalam buahnya yang kuning terkandung beragam potensi vitamin yang baik untuk kesehatan. Selain itu, nanas juga memiliki kandungan yang mampu membunuh sel kanker.
Vitamin A dan C juga banyak terdapat dalam buah nanas. Selain itu, nanas juga bermanfaat untuk mencegah radang serta membantu pencernaan di lambung. Bagi orang yang mengalami gangguan buang air besar, makan buah nanas akan membantu melancarkan. Sebab kandungan serat buah nanas sangat tinggi.
Dari berbagai manfaat tersebut, kiranya mitos tentang bahaya buah nanas bagi ibu hamil tidak perlu sepenuhnya ditakuti. Namun perlu diingat juga, bahwa untuk usia kandungan yang masih dini sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah nanas. Hal ini mengingat usia kandungan yang masih sangat lemah dan belum terlalu mampu bertahan atas zat-zat yang bersifat melarutkan seperti yang terkandung dalam buah nanas.
Hanya yang perlu diperhatikan adalah tentang jumlah yang dikonsumsi. Jangan sampai karena mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh, lantas kita mengkonsumsi buah nanas tanpa kontrol. Sekedar mencicipi sedikit, kiranya tak ada salahnya. Yang paling penting adalah kondisi tubuh dan janin harus diyakinkan dalam kondisi sehat dan kuat.

sumber:

3 komentar:

  1. padahal nanas kan enak knpa di mitos in kyk gt ya?????? kn ksihan

    BalasHapus
  2. emang mengandung apa sh kok bs menyebabkan keguguran...?tlng jlasin ya.,

    BalasHapus
  3. yang saya tahu yang tidak boleh di konsumsi itu nanas muda karena nanas muda rasanya asam, berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik, diuretik, peluruh haid (emenagog), abortivum, peluruh dahak (mukolitik), dan pencahar. zat abortivum ini dapat memnimbulkan kontraksi pada rahim yang berbahaya bagi kandungan. Kontraksi rahim merupakan salah satu faktor penyebab lepasnya plasenta dari rahim(mekanisme ini yang terjadi pada pelepasan plasenta setelah bayi lahir). Kontraksi ini pula yang mendorong janin untuk keluar.

    sumber:
    http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=242
    http://forum.dudung.net/index.php/topic,7619.msg89982.html?PHPSESSID=9745e4bd1058a16fcacba7c9545b6537#msg89982

    BalasHapus